Kenapa Facebook Sepi pada Hari Minggu?

Pagi ini saya membaca keyword unik pada salah satu blog saya, yaitu "kalo hari minggu facebook sepi."
Unik menurut saya karena memang unik, alasannya... emm... unik.. titik... hehehe...
Sebenarnya bukan kali ini saja saya melihat ada yang mengetikkan kata kunci tentang facebook yang sepi di Search Engine, sudah beberapa kali ini terjadi. Kenapa hal ini terjadi, tentu saja karena facebook memang semakin hari terlihat semakin sepi. Tidak hanya hari minggu, tetapi hari-hari lain sebenarnya facebook memang terlihat semakin sepi dari pengguna.

Nah yang ingin saya bahas disini adalah penyebab sepinya facebook, menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, beberapa hal tersebut saya perkirakan adalah sebagai berikut:

Bosan

Namanya manusia, pasti ada rasa bosannya, termasuk ber-sosial media. Saya termasuk salah satu orang yang merasa bosan dengan facebook, tidak jelas apa yang saya lakukan dalam sosial media itu selain memutar scroll mouse turuuuuuunnn ke bawah, kemudian naik lagi melihat postingan orang-orang didindingnya masing-masing yang sebenarnya tidak penting buat saya. Tapi saya terus melakukannya. Memang seringnya saya  mencari info-info terbaru tentang apa yang sedang terjadi di dunia berhubung saya tidak punya tv. Tapi masalahnya, saya tetap mengulang-ulang melihat tulisan-tulisan tidak penting untuk saya berkali-kali. Akhirnya saya bosan, dan sekarang hanya membuka facebook untuk melihat berita terbaru... kemudian scrolling lagi... hedeh...

Social Media lain Menjamur

Sebenarnya saya kurang mengerti dengan socmed-socmed lain yang lebih matching dengan smartphone, tapi saya yakin keberadaan socmed-socmen lain tersebut turut andil membuat facebook semakin sepi. Karena orang-orang telah menemukan cara lain berkomunikasi dengan teman-temannya secara online. Beberapa socmed lain tersebut misalnya Whatsapp, Blacberry Messanger, Kakaotalk dsb.

Saya pikir masih ada penyebab-penyebab lain kenapa facebook semakin sepi, tapi belum terpikir, mungkin nanti akan saya update lagi. Tapi terkait penyebab kenapa facebook sepi pada hari minggu saya punya satu hipotesis. Jika kita bertanya "kenapa facebook sepi pada hari minggu?", maka pertanyaannya bisa kita ubah, "kenapa facebook ramai pada hari selain minggu?"

Menurut saya, facebook banyak dibuka pada hari selain minggu alias hari kerja, kemungkinan karena banyak orang yang bekerja di hadapan komputer merasa bosan dengan pekerjaannya seharian, lalu mereka membuka facebook dengan komputer yang mereka gunakan untuk bekerja. Sedangkan pada hari minggu, banyak orang lebih senang bersantai dirumah atau pergi jalan-jalan dan refreshing sehingga enggan untuk menghidupakan komputer mereka, jadi mereka juga enggan untuk membuka facebook yang punya tampilan lebih familiar pada komputer daripada layar mobile. Kalaupun orang-orang tetap ingin eksis, mungkin mereka lebih memilih untuk menggunakan smartphone mereka. Itulah pendapat saya, bagaimana pendapat Anda?

1 comment for "Kenapa Facebook Sepi pada Hari Minggu?"

  1. wah, jadi pengmat nih, saya jg sudah lumayan jarang buka fb.

    ReplyDelete