Cerita dan Fakta tentang Dress Putih-Emas atau Biru-Hitam

Apa warna dress ini? (http://www.wired.com/)

Keributan di tentang warna sebuah dress akhirnya mengusik ketenangan saya, netizen seluruh dunia meributkan apakah dress itu berwarna putih dan emas, atau biru dan hitam? Ini adalah fenomena yang unik, baru kali ini saya mendengar netizen meributkan warna dress. Karena itu saya mencoba mencari tahu fakta dibalik huru-hara ini.

Awalnya saya hanya mendengar cerita dari istri saya, istri saya mengatakan bahwa di internet sedang heboh tentang warna sebuah dress, apakah biru hitam atau putih emas. Saya yang menganggap ini hal yang tidak terlalu penting hanya melihat sejenak ke dress tersebut. Dengan pikiran yang mungkin agak sombong saya mengatakan bahwa tentu saja dress tersebut berwarna putih dan emas, saya tambahkan juga bahwa yang mengatakan warnanya biru dan hitam mungkin menderita buta warna sebagian. Saya kemudian berlalu.

Malam ini saya tergoda juga untuk mencari tahu fakta tentang fenomena warna dress yang memancing huru-hara tersebut. Sebenarnya tidak juga mencari, hanya pas terlihat ada artikel di Yahoo tentang berita ini. Berdasarkan cerita yang di release oleh Yahoo, fenomena "sengketa" warna dress tersebut berawal dari seorang Caitlin McNeill yang mengupload foto dress tersebut ke blog tumblr miliknya. Caitlin tinggal di Scottish Island, Colonsay.

Caitlin bercerita bahwa awal dari keramaian ini adalah dua orang teman dekatnya akan menikah dan ibu dari mempelai wanita mengambil foto dari dress tersebut dan mengirimkan foto tersebut kepada putrinya. Saat si mempelai wanita menunjukkan fotonya kepada tunangannya, mereka berselisih tentang warna dress tersebut.

Selanjutnya foto tersebut di post kan ke facebook, dan teman-temannya melanjutkan perselisihan terkait warna dari dress tersebut, apakah putih-emas, atau biru-hitam. Hingga perselisihan tersebut mungkin melibatkan jutaan netizen di seluruh dunia. Beragam analisis muncul terkait dengan warna dari dress tersebut dari yang suka-suka sampai analisis secara ilmiah. Jadi apa warna sebenarnya dari dress tersebut? Putih-emas atau biru hitam?

Caitlin McNeill adalah pemain gitar dan penyanyi dalam band yang bernama Canach, band tersebut tampil dalam acara pernikahan teman McNeill yang menjadi awal kisah perselisihan warna dress tersebut. Dengan demikian dia bisa melihat langsung warna asli dari dress tersebut, dia kemudian menyatakan dengan yakin bahwa warna dress tersebut adalah Biru-Hitam.

Tapi kenapa ada yang mengatakan warnanya adalah Putih-Emas? Kalau menurut saya, singkatnya ini adalah masalah ilusi mata dan juga berhubungan dengan warna digital. Yang kita lihat bukanlah warna asli dari dress tersebut, tapi warna yang sudah mengalami distorsi secara digital. Itu hanya pendapat singkat saya, mungkin banyak orang lain yang bisa menjelaskan secara lebih ilmiah dan benar... :)

2 comments for "Cerita dan Fakta tentang Dress Putih-Emas atau Biru-Hitam"

  1. betul itu mbk, mungkin karena distorsi digital saja hasil dari prosef foto kamera. ada kamera yang sensiti yang kalau objeknya gelap akan membuatnya lebih terang sendiri. saya sendiri mengira itu karena difoto dengan pencahayaan yang berbeda, makanya hasilnya beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah saya perhatikan lagi fotonya, ternyata memang ada pengaruh persepsi juga mas des, tapi sepertinya yang paling berpengaruh adalah masalah overs exposure dari fotonya...

      Delete