Bagaimana blogwalking dapat meningkatkan SEO dan traffick?

Bagaimana blogwalking meningkatkan SEO dan traffick?

Dulu saya kurang perduli dengan teknik-teknik untuk meningkatkan traffick seperti teknik SEO, menigkatkan pagerank, blogwalking dan lain-lain. Hanya satu prinsip yang saya pegang dalam blogging, yaitu membuat artikel yang bagus, menarik, topik yang booming, dan tentu saja berkualitas. Namun setelah sekian lama ngeblog, rasanya letih juga bikin artikel sebanyak-banyaknya tapi pengunjung nggak juga naik-naik. Karena itu saya mulai mempelajari tentang teknik-teknik tersebut. Sampai sekarang juga tetap belajar dan masih amatir.

Usaha mempelajari teknik-teknik tersebut sedikit banyak membuka mata saya, trafik tidak hanya tentang tulisan kita, tetapi juga harus memperhatikan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Salah satu yang terpenting adalah blogwalking. Meskipun saya sudah sering membaca tentang efek blogwalking, saya tidak langsung percaya blogwalking dapat meningkatkan trafik. Karena itu saya renungkan dan pelajari bagaimana teknik ini dapat meningkatkan pengunjung. Sebagai hasil kontemplasi saya, saya simpulkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Blogwalking adalah menanam link
Tentu saja ini adalah faktor utama dari pentingnya blogwalking. Link blog yang tertanam akan langsung mengarahkan pengunjung blog tempat kita menanam ke blog kita. Dari pengamatan saya, biasanya pengunjung dari tempat kita menanam tersebut adalah si empunya blog, perasaan saya mengatakan jarang pengunjung blog tersebut akan berkunjung juga ke blog kita, kecuali kita menggunakan nick name yang menarik (tergantung ketertarikan si pengunjung). Sayangnya banyak juga blogger yang tidak menyediakan pilihan Name dan url untuk berkomentar di blognya, jadinya agak malas juga mau komentar. Terserah juga sih kalau di bilang perhitungan, toh saya menyediakan pilihan itu di blog ini, agar teman-teman yang berkunjung dan berkomentar bisa meninggalkan url-nya di blog ini.

2. Blogwalking melangsingkan Alexa Rank
Sebenarnya ini belum bisa di pertanggungjawabkan 100%, tapi saya memilih untuk percaya. Karena link yang kita tanam di blog rekan atau orang lain saat blogwalking akan masuk dalam catatan Alexa, tidak percaya? silahkan liat sendiri di Alexa.com, atau widget Alexa yang kamu tanam di blog kamu. Memang tercatatnya di bagian "Link In", tapi saya yakin banyaknya Link In ini berhubungan dengan ranking blog kita. Lalu memangnya kenapa kalau Alexa rank kita tinggi (baca: lebih kecil)? Menurut kepercayaan banyak blogger (termasuk saya), ranking Alexa yang tinggi akan membuat kita lebih kuat untuk bertarung di halaman satu google.

3. Blogwalking menjadi sarana memperkenalkan diri
Beda dengan dunia nyata, berkomentar di blog orang lain tidak akan membuat kita dianggap sok dekat (kecuali memang sok kenal dan sok tahu dengan empunya blog). Komentar di blog orang lain akan membangun image kita sebagai orang yang ramah, dan ramah adalah sesuatu yang penting dalam dunia maya ini. Saya yakin kita pasti sependapat bahwa blogger yang ramah dengan pengunjung akan disenangi dan mengundang lebih banyak lagi pengunjung.

Hmmm, sepertinya baru segitu hasil pemikiran saya, mohon maaf kalau tidak seperti yang bro n sis harapkan dari judulnya, karena saya masih baru di dunia maya ini. Jika sudah bertambah lagi di otak saya tentang Bagaimana blogwalking dapat meningkatkan SEO dan traffick, akan segera saya tambahkan lagi secepatnya. Tu

Salam blogging.

4 comments for "Bagaimana blogwalking dapat meningkatkan SEO dan traffick?"

  1. Dengan blog walking bisa menambah ilmu, shering dan tentunya bisa mendapatkan teman blogger yang banyak dari seluruh Nusantara mungkin bahkan Dunia hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, sedelapan kalau perlu... silaturahmi adalah salah satu yang memudahkan rezeki, ilmu maupun materi...
      terimakasih kunjungannya mas irfan... :)

      Delete
  2. saya pun sedang blog walking dimari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D baru membuka blog ini, dan sadar mbak olipeoile telah menjejak di mari, sukses selalu dengan backpacknya ya mbak... :)

      Delete